APA ITU INSTAGRAM????
Instagram
adalah aplikasi gratis untuk berbagi foto yang memungkinkan
pengguna untuk mengambil foto, menerapkan digital penyaringan untuk itu, dan
kemudian berbagi pada berbagai layanan jaringan sosial, termasuk instagram
itu sendiri. Sebuah fitur batas foto ke dalam bentuk persegi yang khas,
biasanya lebih digunakan oleh perangkat mobile kamera .
Instagram
awalnya didukung pada iPhone, iPad,
dan iPod Touch, pada bulan April 2012, perusahaan menambahkan dukungan
untuk Android 2.2
(Froyo) atau lebih tinggi. Hal ini didistribusikan melalui iTunes App Store
dan Google Play.
ARTI KATA INSTAGRAM
Nama instagram berasal dari pengertian
dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”,
seperti kamera polaroid yang pada
masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat
menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya.
Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegramsendiri
adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya
dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga
informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena
itulah Instagram berasal dari instan-telegram
SEJARAH
INSTAGRAM
Mike Krieger suka mengatakan, Instagram
adalah sebuah aplikasi yang hanya membutuhkan waktu 8 minggu untuk membangun
dan menjualnya, tetapi merupakan produk lebih dari satu tahun kerja.
Cerita
dimulai ketika Mike Krieger bekerja di Nextstop. Sementara dia
bekerja di pemasaran, dia mulai melakukan rekayasa semakin banyak pada malam
hari pada ide-ide sederhana yang membantu dia belajar bagaimana program
berjalan. Salah satu ide adalah menggabungkan unsur-unsur
foursquare (check-in) dengan unsur Mafia Wars (yang bernama Burbn).
Dia
pikir bisa membangun sebuah prototipe dari ide di HTML5 dan mendapatkannya
untuk beberapa teman. Teman-teman akhirnya menggunakan prototipe tanpa elemen
merek atau desain sama sekali. Dia menghabiskan akhir pekan bekerja pada
peningkatan prototipe untuk teman-teman nya. Pada sebuah pesta ia mencoba menawarkan
ke sekelompok orang yang pada dasarnya akan membuat kembali Burbn. Di pesta
yang dua orang dari Ventures Baseline dan Andreessen Horowitz. saat menunjukkan
prototipe, mereka memutuskan bertemu untuk membahas prototipe tersebut.
Setelah
itu ia mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaannya dan mengembangkan
Burbn bisa menjadi sebuah perusahaan. Dalam waktu dua minggu, Mike
Krieger mengumpulkan $ 500k dari kedua Baseline dan Andreessen Horowitz,
dan mulai bekerja pada sebuah tim. Mereka mulai berbicara dan ia memutuskan ia
menyukai ide untuk membantu memulai perusahaan.
FITUR-FITUR
INSTAGRAM
·
MENGGUNGGAH FOTO
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk
mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang hendak ingin
diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di
album foto di iDevice tersebut.
·
KAMERA
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat
disimpan di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram
juga dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan
dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift
yang fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu.
Setelah foto diambil melalui kamera di dalam Instagram, foto tersebut pun juga
dapat diputar arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna. Foto-foto yang akan
diunggah melalui Instagram tidak terbatas atas jumlah tertentu, melainkan
Instagram memiliki keterbatasan ukuran untuk foto. Ukuran yang digunakan di
dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2 atau hanya sebatas berbentuk kotak
saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah foto dengan format itu saja, atau
harus menyunting foto tersebut dulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah
para pengguna memilih sebuah foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka
pengguna akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
·
EFEK FOTO
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek-efek yang
dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting sebuah
foto. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster,
Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977,
dan Lord Kelvin. Namun
tepat pada tanggal 20 September yang lalu Instagam telah menambahkan 4 buah
efek terbaru yaitu; Valencia, Amaro, Rise, Hudson dan telah menghapus 3 efek,
Apollo, Poprockeet, dan Gotham dari dalam fitur tersebut. Di dalam
pengaplikasian efek sekalipun para pengguna juga dapat menghilangkan
bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek tersebut. Fitur lainnya
yang ada pada bagian penyuntingan adalah Tilt-Shift. Tilt-shift ini, sama
fungsinya dengan efek kamera melalui instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik
pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi
Tilt-Shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi panjang dan juga bulat. Kedua
bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya, juga titik fokus yang
diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto disekeliling titik fokus
tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat buram pada sekeliling
titik fokus di dalam foto tersebut
INSTAGRAM DI MASA DEPAN
Dengan
makin berjalannya waktu, Instagram pun terus berkembang. Pada awal mulanya yang
hanya beberapa pengguna saja, sekarang sudah melebihi 8 juta pengguna dari
seluruh dunia. Tidak hanya itu saja untuk menyeimbangi makin bertambahnya para
pengguna Instagram, versi Instagram pun terus meningkat. Pada tanggal 20
September 2011, Instagram telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu 2.0 dengan
beberapa fitur-fitur yang ditambahkan dan juga diperbaiki.
Berkembangnya Instagram sendiri, maka makin banyak juga masyarakat yang ingin
menggunakannya juga. Seperti apa yang tertulis dalam buku Roger F. Fidler
mengenai mediamorphosis, bahwa perkembangan media itu terjadi melalui tahapan
waktu tertentu dan beriringan dengan perkembangan teknologi yang ada. Namun
tidak semua orang awam dapat memiliki iDevice untuk menggunakan Instagram.
Orang awam yang ingin menggunakan Instagram, namun tidak memiliki iDevice lebih
banyak menggunakan Android.
Ada pula aplikasi yang menyerupai Instagram di dalam Android, Instaroid, yang dimana di dalam penggunaannya masih
bisa untuk menyukai dan juga mengomentari sebuah foto, namun pada aplikasi ini
para pengguna tidak dapat menggunakan kamera melalui Instagram. Kevin Systrom
sebagai CEO dari Instagram, juga belum memastikan apakah Android dapat
menggunakan Instagram atau tidak. “Ini sangat penting bagi kami, namun kami
hanya 6 orang. Android menjadi prioritas utama kami. Namun yang pertama harus
kami lakukan adalah membangun tim dan menentukan orang terbaik di dunia untuk
bekerja dalam proyek ini,” ungkap Systrom.
SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
http://takecy07.blogspot.com/2012/04/sejarah-instagram.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar