Rabu, 09 Januari 2013

SEJARAH BLUETOOTH

 Bluetooth adalah standarisasi terbaru yang diluncurkan oleh The Bluetooth SIG (Special Interest Group) pada bulan Mei 1998 yang terbentuk dari 5 perusahaan besar. Sejarah nama Bluetooth diambil dari nama seorang raja berasal dari Denmark yang bernama Herald Blatand yang berkuasa pada abad ke 10. King Blatand kemudian menterjemahkan Bluetooth ke dalam bahasa inggris. Julukan Bluetooth kemudian populer karena Raja berhasil mempersatukan bangsa Norwegia dan Denmark. Makna historis ini kemudian digunakan untuk memberi korelasi penggabungan dua teknologi. Bluetooth yang berupa IC Modul pada hardware digunakan ponsel beroperasi pada frekuensi 2.45 GHz.
Pada pita radio yang bebas lisensi dan dipakai secara internasional untuk keperluan ISM (Industri, Scientific and Medical). Asyiknya lagi, frekuensi ini bebas dan kompatibel dengan beberapa perangkat lain. Tapi di sisi lain, alat-alat berbluetooth mesti berjibaku dengan perangkat ISM. Oleh sebab itu, Bluetooth harus di desain sedemikian rupa agar tidak mengganggu sistem-sitem yang berbasis ISM tersebut.
Aplikasi dan Layanan
Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.


Headset yang menggunakan bluetooth
Range yang dapat dijangkau oleh Bluetooth adalah 10 meter atau 30 feet. Sistem Bluetooth juga menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Sedangkan perangkat yang dapat dikombinasikan dengan Bluetooth diantaranya: handphone, kamera, personal computer (PC), printer, headset, Personal Digital Assistant (PDA), dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.
Kelebihan
Kelebihan yang dimiliki oleh sistem Bluetooth adalah:
  • Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter
  • Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat
  • Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer
  • Dapat digunakan sebagai perantara modem
Kekurangan
Kekurangan dari sistem Bluetooth adalah:
  • Sistem ini menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar
  • Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan
  • Banyak mekanisme keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan informasi.
  • Di Indonesia, sudah banyak beredar virus-virus yang disebarkan melalui bluetooth dari handphone

SUMBER :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar