Sabtu, 05 Januari 2013

MANFAAT COKLAT


Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.
Dalam perkembangannya coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.


Ternyata ada beberapa manfaat coklat untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan. Padahal menurut rumor, kebanyakan makan coklat juga tidak baik untuk kesehatan gigi dan menggemukkan. Coklat juga sering dijadikan gift atau kado sebagai ungkapan rasa kasih sayang. Selain sebagai makanan yang lezat, manfaat coklat ternyata sangat banyak, baik itu untuk kesehatan tubuh dan baik bagi kesehatan kulit. Ada beberapa khasiat coklat yang perlu anda ketahui.

Bentuk coklat sangat beraneka ragam, dari mulai bentuk yang hanya berupa blok coklat, kotak, lingkaran, hingga berbagai macam bentuk yang lucu dan unik, membuat coklat semakin menarik dan menggoda untuk dinikmati. Coklat yang sudah diolah dari biji coklat, bisa dimakan langsung, atau di jadikan campuran makanan lainnya, seperti untuk permen, kue coklat, roti, puding coklat, berbagai macam minuman, dan berbagai macam hidangan lezat lainnya. Bahkan kini coklat pun sudah dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit yang bagus dan perawatan kecantikan wajah.

Berikut beberapa manfaat coklat bagi kesehatan tubuh: 
·      Mengurangi stress.
Seperti halnya manfaat kopi, kandungan alkaloid yang terdapat dalam coklat dapat merangsang terbentuknya endofrin yang menciptakan perasaan santai, senang dan bahagia, makanya dalam iklan sebuah produk coklat ternama ,menyebutkan bahwa “santai belum lengkap tanpa ….”

·      Mencegah dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi, stroke bahkan kanker.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam coklat dapat menghambat terjadinya pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan, bahan alami lainnya berfungsi sebagai anti oksidan yang befungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi serta mengurangi gejala stroke.

·      Mencegah penuaan dini.
Mengkonsumsi coklat secara teratur bisa menghambat terjadinya keriput pada kulit dan melindungi kulit dari resiko terbakar matahari, Selain itu coklat juga bisa digunakan sebagai lulur yang dipercaya bisa mengencangkan kulit.

·      Mencegah kerusakan gigi.
Sebagian orang beranggapan bahwa coklat akan merusak gigi, anggapan ini tidak sepenuhnya benar, cocoa justru mengandung zat yang bisa membunuh bakteri penyebab terbentuknya karang gigi.

·      Coklat untuk Kecantikan
Manfaat lain dari coklat adalah untuk kecantikan, karena antioksidan dan katekin yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini, maka tidak heran bila saat ini berkembang lulur coklat yang sangat baik untuk kecantikan kulit.



sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar